Outbound


outbound-rayaenam

Tentang Outbound

Berdasarkan latar belakangnya, outbound merupakan perpaduan antara permainan-permainan sederhana, permainan ketangkasan, dan olah raga, serta diisi dengan petualangan-petualangan. Hal itu yang akhirnya membentuk adanya unsur-unsur ketangkasan, dan kebersamaan serta keberanian dalam memecahkan masalah.

Outbound adalah suatu kegiatan belajar di luar atau dalam ruangan sebagai sarana penambah wawasan yang didapat dari serangkaian pengalaman (experiental learning) sehingga dapat memacu pembentukan pengetahuan, karakter positif, semangat belajar,kreativitas, motivasi, kinerja, dan tanggung jawab peserta. Outbond merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dalam pembelajaran. Karena Outbound dapat meningkatkan antusiasme peserta dalam pembelajaran.

Permainan yang disajikan dalam outbound memang telah disusun sedemikian rupa, sehingga bukan hanya psikomotorik (fisik) peserta yang ’tersentuh’ tapi  juga afeksi (emosi) dan kognisi (kemampuan berpikir).

Macam-macam Permainan Kegiatan Outbound 

Outbound Soft Skill

Dikenal sebagai salah satu kegiatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan sistem personal dan juga interpersonal antara satu orang dengan yang lainnya. Selain itu, hal ini juga didasari dengan suatu kemampuan maupun kreativitas pada diri seseorang yang mana keberlangsungan dari Outbound yang satu ini tentu saja tidak menuntut siapapun untuk melakukan beberapa kegiatan fisik secara berlebihan karena sifatnya yang tergolong santai.

Outbound Hard Skill

Salah satu jenis dalam sistem permainan yang berlaku dalam pelaksanaan metode ini yang dikenal sebagai Outbound untuk melangsungkan suatu sistem keterampilan dari segi teknis untuk memudahkan suatu kemampuan dalam menguasai suatu bidang yang diinginkan oleh seseorang. Tentu saja, Outbound jenis ini sangat menekankan siapa saja agar selalu fokus dan termasuk mengutamakan ketepatan dan kecepatan dalam menganalisa segala macam aspeknya.

Materi Dalam Kegiatan Outbound

Outbound adalah salah satu kegiatan yang berinteraksi secara langsung dengan alam terbuka dan keberadannya berisi/bermuatan berbagai macam materi baik untuk individu ataupun kelompok, antara lain :

  • Komunikasi efektif (effective communication)
  • Pengembangan tim (team building)
  • Pemecahan masalah (problem solving)
  • Kepercayaan diri (self confidence)
  • Kepemimpinan (leadership)
  • Kerjasama (sinergi/team work)
  • Rileksasi (fun & enjoy)
  • Konsentrasi/fokus (concentration)
  • Kejujuran/sportivitas.

Manfaat Dalam Kegiatan Outbound

Manfaat yang bisa diambil jika perusahaan secara rutin dan berkala mengadakan outbound bagi karyawan mereka di berbagai level, diantaranya:

  • Menumbuhkan arti penting kebersamaan. Dengan rasa individualitas yang semakin tinggi akhir-akhir ini, sangat penting bagi karyawan untuk memupuk rasa kebersamaan dan peduli terhadap sesama.
  • Meningkatkan kemampuan aktualisasi diri seorang karyawan yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan perusahaan.
  • Menjadi sarana refreshing bagi karyawan. Kegiatan outbound training yang menyenangkan akan memberikan rasa suka cita bagi para peserta. Mereka akan sangat menikmati permainan di sela-sela rutinitas kantor yang membosankan.
  • Melatih kerjasama tim. Karyawan yang bekerja dalam kelompok atau tim akan sangat terbantu dengan outbound training yang mengharuskan peserta bahu membahu dengan rekan setimnya untuk menyelesaikan permainan.
  • Meningkatkan kemampuan dan kedewasaan seseorang saat mengambil keputusan dalam kondisi yang belum pernah ia alami sebelumnya.
  • Menumbuhkan jiwa leadership karyawan yang mungkin selama ini belum tampak. Beberapa permainan dalam outbound training ada yang bertujuan untuk mengasah jiwa leadership seseorang terutama ketika mengatasi permasalahan yang ada.
  • Melatih kemampuan analisa dan pola pikir dengan memaksimalkan otak kiri dan kanan. Jika keduanya digunakan dengan tepat, akan menjadi senjata yang sangat ampuh dalam pengambilan keputusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s