Tentang Outbound dan Team Building


0c457-originalDi Indonesia, banyak istilah beredar seputar program-program pilihan dalam dunia training alam bebas (outbound / outwardbound). Contohnya saja barusan, ada outbound ada outwardbound. Ditambah beberapa contoh lainnya seperti team building program dan motivation program, dan masih banyak istilah lain yang sering terucap. Pada prinsipnya mungkin makna yang terkandung adalah sama. Apalagi apabila kita bisa bertanya langsung kepada pengguna bahasa tersebut bahwa maksudnya adalah outbound – outbound juga atau training yang menggunakan unsur-unsur alam bebas juga.

Mari kita telaah sedikit jauh lebih dalam, didalam dunia training baik didalam ruangan (inbound) maupun di luar ruangan (outbound) memiki kemiripan yang beragam, antara lain adalah sama-sama memiliki program-program unggulan seperti kerjasama kelompok (team building), meningkatkan daya motifasi dan kreatifitas (motivation & creativity program), pemecahan masalah (problem solving program) bahkan sama-sama memiliki kapasitas training pada level kepemimpinan (leadership). Tulisan barusan adalah sepenggal beberapa kesamaan atau kemiripan didalam dunia training inbound dan outbound.

Sekarang apa perbedaannya ??, saya memisahkannya menjadi 3 pengelompokan besar. Yang pertama adalah memiliki perbedaan didalam penciptaan suasana, sepertinya perbedaan yang satu ini tidak perlu dibahas secara rinci karena jelas terjadi suatu perbedaan yang mendalam didalam melakukan training dalam ruangan dan di alam bebas. Kedua, adalah perbedaan dari sisi fasilitas yang digunakan selama aktifitas berlangsung, contoh ekstrimnya adalah penggunaan fasilitas alam seperti pepohonan, danau, sungai bahkan pegunungan dalam penyampaian materi-materi yang akan dicapai. Dan juga penginapan yang bervariasi apabila kita mengikuti suatu program training alam bebas (outbound)..seperti tenda, barak, sampai dengan cottage dan kamar hotel.

Yang ketiga adalah dari sisi fasilitator, tidak banyak trainer / fasilitator berkecimpung secara mendalam (baca: mumpuni) didalam training alam bebas. Tetapi karena banyaknya permintaan dari perusahaan maupun organisasi didalam penyelenggaraan training dengan menggunakan unsur-unsur alam bebas. Kebanyakan oknum, “memaksakan” untuk menerima orderan program tersebut. Hasilnya seperti apa sudah bisa ditebak kan ?? simulasi games yang melenceng dari output yang ingin dicapai, de-brief apa adanya, dan yang paling mengecewakan adalah menomor dua kan prosedur keselamatan (safety procedure) didalam memfasilitasi program training outbound.

Tentunya hal ini mengundang banyak kekecewaan dan kerugian bagi perusahaan yang kebetulan menggunakan jasa operator outbound yang asal-asalan ini. Efek dominonya adalah berkembang menjadi kekecewaan dan kerugian secara menyeluruh akan nama baik dari training outbound ini. Oleh sebab itu,saya mengharapkan adanya suatu asosiasi yang mampu menempatkan posisinya didalam mengatur dan menyelaraskan sistem pengajaran yang standar atau baku didalam pelaksanaan outbound training. Terutama nya adalah dari sisi fasilitatornya itu tadi. Harapannya adalah jelas ! meningkatkan citra positif training outbound secara khusus nya dan perkembangan dunia training secara umum nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s