Mengisi Liburan Bersama Keluarga


Pilih Tempat Wisata Dengan Berunding Bersama Keluarga

Dalam perencanaan pertama semua anggota keluarga dikumpulkan, mulai dari orangtua, saudara serta paman bibi dan keponakan. Setiap anggota harus punya usulan tempat wisata yang dituju sesuai dana yang dianggarkan.

Mulai dibentuk 2 kelompok yang masing-masing kelompok berisi 3 orang atau lebih. Kemudian dalam kelompok harus melakukan hompipa untuk menemukan finalis usulan yang akhirnya menjadi 2 pilihan. Terakhir dipilih secara voting untuk menentukan tempat wisata yang dituju. Jika hasilnya seri atau sama imbang, dilakukan adu suit untuk pemenang pilihan wisata.

Mencari Tahu Tentang Tujuan Tempat Wisata
Ini adalah tugas utama pemenang dari hompipa demokrasi tadi. Mencari tahu informasi lengkap tentang tempat wisatanya, mulai dari jarak tempuh, biaya karcis masuk, villa atau penginapan bila liburan panjang, tarif wahana di tempat wisata dan sejarah / cerita menarik dari tempat wisata tersebut bila ada lhoh ya..hehe

Sebisa mungkin diatur biaya dari anggaran liburannya, jangan sampai kekurangan dana, kalo kelebihan sih bisa dialokasikan ke oleh-oleh atau dana liburan ke depannya.

Membagi Tugas Masing-Masing
Agar liburan lancar dan tidak ada kendala, tentunya dipersiapkan secara matang. Pembagian tugas dalam liburan keluarga sesuai kemampuan masing-masing anggota. Jadi lebih terorganisir dan pastinya pembagian tugas untuk bersama-sama.

Membawa Bekal & Kotak P3K
Yang namanya masakan ibu, lezatnya nomor satu, hehe.. Faktor lain adalah penghematan daripada beli makanan di jalan yang masih kalah dengan masakan ibu.

Bawa juga kotak P3K untuk jaga-jaga apabila ada yang kurang sehat atau terluka. Selain isi standar dari kotak P3K, sangat bagus ada obat anti mabuk dan obat pusing.

Sedia Plastik Kecil & Besar
Ketika sedang liburan, perlengkapan seperti plastik sangat dibutuhkan dan sebaiknya ada 2 tipe plastik yaitu besar dan kecil.

Plastik besar digunakan untuk tempat sampah sementara. Apalagi ketika berlibur di tempat wisata seperti pantai, sedikit sulit menemukan tempat sampah.

Plastik kecil digunakan untuk tempat khusus bagi yang mabuk, apabila mabuknya stadium tinggi yang udah kebal dengan obat anti mabuk.

Jangan Lupa Bawa Tikar / Koran
Ini peralatan utama ketika sedang mau makan siang bersama di tempat lokasi wisata. Harga yang kadang terlalu mahal untuk menyewa alas tikar di tempat wisata.

Selain tikar sebagai alas untuk menggelar tempat duduk, bisa menggunakan koran bekas. Tetapi jangan lupa ya untuk membawa kembali jika sudah selesai atau membuang ke tempat sampah

Hal-Hal Seru Yang Sering Terjadi Saat Berlibur Bareng Keluaga

  • Kalo ada anggota keluarga yang ketiduran saat perjalanan berangkat atau pulang, wajahnya dicelorengin pakai bedak bayi (punya ade keponakan) atau kadang lisptik..haha.
  • Tiap mau melewati pom bensin, pasti ada yang kasih sinyal untuk ke toilet. Biasanya harus nahan dulu bagi yang sering kebelet pipis, sebelum ketemu pom bensin.
  • Kalo pas beli oleh-oleh biasanya keroyokan nyamperin penjual. Dijamin penjual gugup dah diserbu tawar-menawar. Akhirnya dapat harga yang wajar, soalnya kadang di momen musim liburan harga oleh-oleh tiba-tiba naik begitu saja (pengalaman).
  • Tiap pengambilan foto harus 2kali dalam posisi dan tempat yang sama. Dulu masih kamera analog, belum ada timernya, jadi ada dua orang juru foto yang bergantian agar semua anggota bisa terfoto. Kadang minta tolong sama orang lain, tapi ini jarang dilakukan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s